%A 1753043003 OVANI DEVI ANGGRAENI %T PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KELAS IX A DI SMP NEGERI 1 ABUNG SEMULI %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses model pembelajaran Project Based Learning dalam mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri 1 Abung Semuli. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana proses model pembelajaran Project Based Learning dalam mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri 1 Abung Semuli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori konstruktivistik. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu seorang guru dan siswa-siswi kelas IX. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dilakukan untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses model pembelajaran Project Based Learning dalam mata pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Abung Semuli terdiri dari langkah-langkah pembelajaran yaitu membuka pelajaran dengan suatu pertanyaan esensial, merencanakan proyek, menyusun jadwal, mengawasi jalannya proyek, penilaian terhadap produk yang dihasilkan dan evaluasi. Langkah-langkah tersebut sudah dilakukan oleh guru secara lengkap dan berurutan. Selain langkah-langkah, kesalahan siswa selama pengerjaan proyek merupakan sebuah proses dan bagian dari belajar. Hal inilah yang disebut dengan teori pembelajaran konstruktivistik di mana siswa membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan guru sebagai fasilitator serta mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Kata kunci: pembelajaran, seni budaya, model project based learning. This study aims to describe the process of Project Based Learning learning model in arts and culture subjects at SMP Negeri 1 Abung Semuli. The formulation of the problem in this study is how the Project Based Learning learning model process in arts and culture subjects at SMP Negeri 1 Abung Semuli. This study used descriptive qualitative method. The theory used is constructivist theory. The informants in this study were a teacher and class IX students. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The data analysis technique in this study uses the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. Source triangulation was carried out to test the validity of the data in this study. The results showed that the Project Based Learning learning model process in the Arts and Culture subject at SMP Negeri 1 Abung Semuli consisted of learning steps, namely opening the lesson with an essential question, planning the project, compiling a schedule, supervising the project, evaluating the resulting product. and evaluation. These steps have been carried out by the teacher completely and sequentially. In addition to the steps, students' mistakes during project work are a process and part of learning. This is what is called a constructivist learning theory in which students build their own knowledge with the help of the teacher as a facilitator and develop their critical thinking skills. Keywords: learning, cultural arts, project based learning model. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %L eprints61665