<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n"^^ . "ABSTRACT\r\nRELATIONSHIP BETWEEN STUDENT ACTIVITY PATTERN AND THE\r\nDEGREE OF REFRACTIVE ERROR IN ACTIVE MEDICAL STUDENT\r\nOF LAMPUNG UNIVERSITY\r\nBy\r\nDILLYANA VINEZZIA\r\nBackground: Refractive error is the second leading cause of treatable blindness.\r\nOne of many factors that can support and also exacerbate refractive errors is the\r\nactivity pattern. This study was conducted to determine the relationship between\r\nstudent activity pattern and the degree of refractive error in active medical\r\nstudents of Lampung University.\r\nMethod: This study used an analytic survey method with a cross-sectional\r\napproach, the study used a questionnaire, carried out in December 2020-March\r\n2021. The sample was taken by total sampling technique and obtained 56 samples\r\naccording to the criteria. Data analysis that performed was univariate analysis and\r\nbivariate analysis (kolmogorov smirnov for alternative test) with limit of\r\nsignificance <0.05.\r\nResult: Respondents prefer less than 30cm for reading distance (71,4%), reading\r\nbooks in lying position (51,8%), reading in sitting not upright position (62,5%),\r\nmore than 1,5 meters for watching television distance (78,6%), using device in\r\nlying position (53,6%), not use of learning lamp (73,2%), frequently when using\r\nthe device (55,4%), watching television less than 1 hour continuously\r\n(76,8%).The results of the bivariate analysis about activity pattern with degree of\r\nrefractive error are reading distance (p value: 0.875), reading books in lying\r\nposition (p value: 0.290), reading in sitting upright position (p value: 0.397),\r\nwatching television distance (p value : 1,000), using device in lying position (p\r\nvalue: 0.109), use of learning lamp (p value: 0.746), the intensity duration of\r\nusing the device (p value: 0.430), and average duration of watching television on\r\none time use (p value : 0.119).\r\nConclusion: There is no relationship between activity pattern (reading distance,\r\nreading books in lying position, reading in sitting upright, watching television\r\ndistance, using device in lying position, use of learning lamp, the duration\r\nintensity of using the device, and and average duration of watching television on\r\none time use) with the degree of refractive error in active medical students of\r\nLampung University.\r\nKey Words: activity pattern, refractive error, students\r\n\r\n\r\nLatar Belakang: Kelainan refraksi merupakan penyebab utama kedua dari\r\nkebutaan yang dapat diobati. Salah satu faktor yang mendukung dan memperberat\r\nkelainan refraksi adalah pola aktivitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui\r\nhubungan pola aktivitas mahasiswa dengan derajat kelainan refraksi pada\r\nmahasiswa aktif Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.\r\nMetode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan\r\npendekatan potong lintang, penelitian menggunakan kuesioner, dilakukan pada\r\nbulan Desember 2020-Maret 2021. Sampel diambil dengan teknik total sampling\r\ndan diperoleh 56 sampel sesuai kriteria. Analisis data berupa analisis univariat dan\r\nanalisis bivariat (uji alternatif kolmogorov smirnov) dengan batas kemaknaan\r\nyaitu <0,05.\r\nHasil Penelitian: Responden lebih banyak memilih pola aktivitas yaitu membaca\r\npada jarak <30cm (71,4%), membaca dengan posisi tiduran (51,8%), membaca\r\ndengan duduk tidak tegap (62,5%), menonton televisi di jarak >1,5 meter (78,6%),\r\nmenggunakan gawai dengan posisi tiduran (53,6%), tidak menggunakan lampu\r\nbelajar (73,2%), intensitas sering saat menggunakan gawai (55,4%), dan\r\nmenonton televisi <1 jam secara terus-menerus (76,8%). Hasil analisis bivariat\r\npola aktivitas dengan derajat kelainan refraksi adalah jarak membaca (p value:\r\n0,875), membaca buku dengan posisi tiduran (p value: 0,290), membaca dengan\r\nposisi duduk tegap (p value: 0,397), jarak menonton televisi (p value: 1,000),\r\nmenggunakan gawai dengan posisi tidur (p value: 0,109), penggunaan lampu\r\nbelajar (p value: 0,746), intensitas durasi penggunaan gawai (p value: 0,430), dan\r\nrata-rata durasi menonton televisi dalam sekali pemakaian (p value: 0,119).\r\nKesimpulan: Tidak terdapat hubungan pola aktivitas (jarak membaca, membaca\r\nbuku dengan posisi tiduran, membaca dengan posisi duduk tegap, jarak menonton\r\ntelevisi, menggunakan gawai dengan posisi tidur, penggunaan lampu belajar,\r\nintensitas durasi penggunaan gawai, dan rata-rata durasi menonton televisi dalam\r\nsekali pemakaian) dengan derajat kelainan refraksi pada mahasiswa aktif Fakultas\r\nKedokteran Universitas Lampung.\r\nKata Kunci: kelainan refraksi, mahasiswa, pola aktivitas"^^ . "2021" . . . . . "FAKULTAS KEDOKTERAN"^^ . . . . . . . "1718011033"^^ . "DILLYANA VINEZZIA"^^ . "1718011033 DILLYANA VINEZZIA"^^ . . . . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK (Dillyana Vinezzia_1718011033) - Dillyana Vinezzia.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (File PDF)"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (Dillyana Vinezzia_1718011033) - Dillyana Vinezzia.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT\r\nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS\r\nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #61695 \n\nHUBUNGAN POLA AKTIVITAS MAHASISWA DENGAN DERAJAT \nKELAINAN REFRAKSI PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS \nKEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG \n\n\n" . "text/html" . . . "610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan" . .