%0 Generic %A Retno Pratiwi, 1713041003 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:61726 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA ANNA DALAM NOVEL REPRESI KARYA FAKHRISINA AMALIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/61726/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama Anna dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) konflik batin tokoh utama dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia, (2) mekanisme pertahanan diri dari konflik tokoh utama dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia, (3) implikasi penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik baca, catat, dan pustaka sebagai teknik pengumpulan datanya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hermeneutika dengan pendekatan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, dan paragraf serta peristiwa yang mengandung informasi tentang konflik batin dan mekanisme pertahanan diri dari konflik tokoh utama dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia. Berdasarkan kegiatan penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat konflik batin yang menimpa Anna sejak kecil hingga dewasa. Konflik batin tersebut ialah konflik mendekat-mendekat, konflik mendekat-menjauh, dan konflik menjauh- menjauh yang ditemukan sebanyak 22 data, selanjutnya mekanisme pertahanan diri dari konflik yang Anna lakukan sebanyak 24 data ditemukan. Penelitian ini dapat diimplikasikan secara konseptual ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA berupa penilaian kelayakan novel Represi karya Fakhsrisina Amalia sebagai bahan pengajaran sastra berdasarkan aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya yang menunjukkan bahwa novel Represi karya Fakhrisina Amalia layak untuk dijadikan bahan pengajaran pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Kata kunci: Konflik batin, kelayakan novel, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA.