%0 Generic %9 Other %A Susanti Sulistyorini, 0916031113 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:6173 %I FAKULTAS ILMU SOSIAN DAN POLITIK %T MODEL ADOPSI INTERNET GURU SMA NEGERI (Studi Pada SMA Negeri yang Senjang Secara Digital di Kota Bandarlampung) %U http://digilib.unila.ac.id/6173/ %X Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menggambarkan adopsi internet oleh guru SMA Negeri di Kota Bandarlampung. (2) Mengungkapkan perbedaan model adopsi internet oleh guru SMA Negeri yang senjang secara digital di Kota Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dan menggunakan metode penelitian survey dengan tipe penelitian deskriptif kuantitatif Teknik pengambilan sampel ditetapkan berdasarkan rumus Cochran dengan teknik probability sampling jenis proportionate random sampling sebesar 122 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis data menggunakan analisis varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan model adopsi oleh guru SMA Negeri yang senjang secara digital antara SMA Negeri 1, SMA Negeri 13 dan SMA Negeri 8. (2) SMA Negeri 8 yang masuk dalam kategori tiga dan memiliki fasilitas yang rendah memiliki tingkat adopsi lebih tinggi dibandingkan dengan SMA Negeri 1 yang masuk dalam kategori satu dan memiliki fasilitas yang tinggi/memadai. (3) Dari segi gender di tiga SMA Negeri tersebut terlihat bahwa guru laki-laki memiliki tingkat adopsi lebih tinggi dibandingkan dengan guru perempuan. Kata Kunci: model adopsi, internet, guru ABSTRACT BAHASA INGGRIS The purposes of this research are: (1) To describe the adoption of the Internet by public senior high school teachers in Bandar Lampung. (2) To reveal Internet adoption model differences by public senior high school teachers that gap digitally in Bandar Lampung. This research uses the theory of Technology Acceptance Model (TAM) and survey research methods with quantitative descriptive type sampling technique defined by the formula Cochran with the type of probability sampling technique proportionate random sampling of 122 teachers. Data collection techniques using a questionnaire with data analysis using analysis of variance. The results showed that (1) There are differences in the model adopted by the public senior high school teacher digitally gap between SMAN 1, SMAN 13 and SMAN 8. (2) SMAN 8 which fall into three categories and has facilities for low-level adoption is higher than the SMAN 1 are included in the category of the facility and has a high/adequate. (3) In terms of gender in three public senior high school is shown that male teachers have higher adoption rate than female teachers. Keywords: adoption model, internet, teachers