TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints61785 UR - http://digilib.unila.ac.id/61785/ A1 - FEBRINA ISMULITA, 1513022025 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis proyek berbantuan learning management system pada materi interferensi cahaya yang valid dan praktis. Bahan ajar yang dikembangkan bertujuan untuk menstimulus kreativitas sains dan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini menggunakan Design & Development Reasearch (DDR) yang terdiri dari 4 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Hasil uji kevalidan yang dilakukan oleh ahli mendapat skor rata-rata sebesar 3,69 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang telah diujikan kepada 10 siswa dan 10 guru Fisika SMA mendapat persentase rata-rata sebesar 89,6% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis untuk menstimulus kreativitas sains dan keterampilan kolaborasi siswa. Oleh karena itu, bahan ajar yang dikembangkan nantinya dapat digunakan sebagai suplemen ajar untuk menunjang pembelajaran. Kata kunci: Bahan Ajar, Kreativitas Sains, Keterampilan Kolaborasi PB - FAKULTAS MATEMATIKA ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK BERBANTUAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENSTIMULUS KREATIVITAS SAINS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA AV - restricted ER -