<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\n \r\nPENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI\r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n\r\nOleh \r\nALMIRA ASPRIDANEL\r\n \r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-Modul pada\r\npembelajaran strategi flipped classroom terintegrasi STEM yang valid, praktis,\r\ndan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik.\r\nPenelitian ini menggunakan desain\r\n pengembangan (Research and Development)\r\nmodel ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate). Tahap uji\r\ncoba terbatas menggunakan desain penelitian eksperimen bentuk pre-post\r\ncontrol group design dengan tipe one-shot case study yang dilakukan pada 29\r\npeserta didik kelas VII di SMPN 7 Bandar Lampung. Subjek uji coba produk\r\nmenggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji coba menunjukkan bahwa EModul\r\nvalid\r\ndan\r\nlayak\r\ndigunakan.\r\nSampel\r\npenelitian\r\nini\r\nmenggunakan\r\ndua\r\nkelas\r\n\r\ndi\r\n\r\nSMP Al-Huda Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Kelas VII A sebagai\r\nkelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Kevalidan E-Modul\r\nstrategi flipped classroom terintegrasi STEM hasil pengembangan diperoleh dari\r\nhasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan bahasa. \r\nKepraktisan E-Modul strategi flipped classroom terintegrasi STEM ditinjau dari\r\npenilaian\r\n keterlaksanaan pembelajaran dengan E-Modul, respon pendidik dan \r\npeserta didik. Keefektifan didasarkan pada nilai n-Gain dan effect size tes\r\nkemampuan berpikir sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-Modul\r\nstrategi flipped classroom terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan\r\nberpikir sistem dinyatakan valid ditinjau dari aspek isi, konstruksi dan bahasa\r\ndengan rata-rata persentase nilai sebesar 95%; (2) E-Modul strategi flipped\r\nclassroom terintegrasi STEM praktis digunakan untuk meningkatkan\r\nkemampuan berpikir sistem peserta didik ditinjau dari keterlaksanaan\r\npembelajaran dengan rata-rata persentase nilai sebesar 90,42% dengan\r\ninterpretasi hampir seluruh aktivitas terlaksana serta rata-rata persentase nilai\r\nrespon peserta didik dan pendidik sebesar 87% dan 89% yang keduanya\r\nberkategori sangat tinggi; (3) E-Modul strategi flipped classroom terintegrasi\r\nSTEM efektif meningkatkan kemampuan berpikir sistem dengan nilai rata-rata \r\n\r\nAlmira Aspridanel\r\n \r\nn-Gain sebesar 0,60 pada kelas eksperimen dan 0,49 pada kelas kontrol yang\r\nkeduanya berkategori sedang. Nilai effect size kelas 0,842 yang menunjukkan\r\nbahwa pembelajaran dengan menggunakan E-Modul strategi flipped classroom\r\nterintegrasi STEM memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan\r\nkemampuan berpikir sistem peserta didik. \r\n\r\nKata kunci: E-Modul, kemampuan berpikir sistem, pendekatan STEM\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\n \r\nDEVELOPMENT OF STEM INTEGRATED FLIPPED CLASSROOM\r\nSTRATEGY E-MODULE ON POLLUTION MATERIALS \r\nENVIRONMENT TO IMPROVE SYSTEM \r\n THINKING SKILLS \r\n\r\nBy \r\nALMIRA ASPRIDANEL\r\n\r\nThis study aims to develop and produce an E-Module in STEM-integrated flipped \r\nclassroom strategy learning that is valid, practical, and effective in improving\r\nstudents' systems thinking skills. This research uses the Research and\r\nDevelopment model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement and\r\nEvaluate). The limited trial phase used an experimental research design in the\r\nform of a pre-post control group design with a one-shot case study type conducted\r\non 29 seventh grade students at SMPN 7 Bandar Lampung. The subject of the\r\nproduct trial used purposive sampling technique. The test results show that the EModule\r\nis\r\nvalid\r\nand\r\nfeasible\r\nto\r\nuse.\r\nThe\r\nsample\r\nof\r\nthis\r\nstudy\r\nused\r\ntwo\r\nclasses\r\nat\r\n\r\nSMP\r\n\r\nAl-Huda Jati Agung, South Lampung Regency. Class VII A as the\r\nexperimental class and class VII B as the control class. The validity of the EModule\r\n\r\nof the integrated STEM flipped classroom strategy developed from the\r\nresults of expert validation on the aspects of the suitability of content, \r\nconstruction and language. The practicality of the E-Modul flipped classroom\r\nintegrated STEM strategy in terms of the assessment of the implementation of\r\nlearning with the E-Modul, the responses of educators and students. The\r\neffectiveness is based on the n-Gain value and the effect size of the system\r\nthinking ability test. The results showed that: (1) the integrated STEM flipped\r\nclassroom strategy E-Module to improve systems thinking skills was declared\r\nvalid in terms of content, construction and language aspects with an average\r\npercentage score of 95%; (2) The STEM integrated flipped classroom strategy emodule\r\nis\r\npractically\r\nused\r\nto\r\nimprove\r\nstudents'\r\nsystem\r\nthinking\r\nskills\r\nin\r\nterms\r\nof\r\n\r\nlearning\r\n\r\nimplementation with an average percentage score of 90.42% with the\r\ninterpretation of almost all activities carried out and the average percentage value\r\nof student responses and educators by 87% and 89%, both of which are in the very \r\n\r\nAlmira Aspridanel\r\n \r\nhigh category; (3) The integrated STEM flipped classroom strategy e-module\r\neffectively improves systems thinking skills with an average n-Gain value of 0.60\r\nin the experimental class and 0.49 in the control class, both of which are in the\r\nmedium category. The class effect size value is 0.842, which indicates that\r\nlearning using the E-Module flipped classroom integrated STEM strategy has a\r\nsignificant influence in improving students' systems thinking skills.\r\n\r\n\r\nKeywords: system thinking skills, E-Modul, STEM approach \r\n "^^ . "2022-04-13" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1923025009"^^ . "ALMIRA ASPRIDANEL"^^ . "1923025009 ALMIRA ASPRIDANEL"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (File PDF)"^^ . . . "TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \r\nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI\r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \r\nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #61786 \n\nPENGEMBANGAN E-MODUL PADA PEMBELAJARAN STRATEGI \nFLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI \nPENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN \nKEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM \n\n\n" . "text/html" . . . "372 Pendidikan dasar" . . . "378 Pendidikan tinggi, unversitas" . . . "379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan" . .