%0 Generic %A ANNISA AYU HAPSARI, 1713024005 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:61834 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM %U http://digilib.unila.ac.id/61834/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP Negeri 19 Bandar Lampung pada materi perubahan iklim. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 19 Bandar Lampung menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C, VIII D, dan VIII E berjumlah 90 peserta didik yang diperoleh melalui teknik Purposive Sampling. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi diambil menggunakan format Google form. Selanjutnya dianalisis secara statistik deskriptif menggunakan bantuan program Excel. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata tes adalah 44. Berdasarkan persentase perindikator yaitu menganalisis berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 46%, indikator mengevaluasi berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 35% dan indikator mencipta berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 32%. Hal ini karena pendidik belum mengoptimalkan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada berpikir tingkat tinggi, sehingga peserta didik belum terbiasa mengerjakan soal-soal berpikir tingkat tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP Negeri 19 Bandar Lampung berada pada kategori rendah. Kata kunci: Berpikir tingkat tinggi, perubahan iklim, Sekolah Menengah Pertama.