creators_name: FENI NOVITA, 1753053019 creators_id: feninovita1211@gmail.com type: other datestamp: 2022-05-27 07:42:28 lastmod: 2022-05-27 07:42:28 metadata_visibility: show title: PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI 2 KALIANDA ispublished: pub subjects: 370 subjects: 407 full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah hasil belajar dan kemampuan interpersonal peserta didik kelas tinggi SD Negeri 2 Kalianda masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komunikasi interpersonal pendidik terhadap hasil belajar peserta didik SD Negeri 2 Kalianda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Expost Facto. Populasi berjumlah 255 orang dengan sampel penelitian berjumlah 72 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan studi dokumen. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian dapat diambil keputusan dalam uji regresi linier sederhana yaitu koefisien X bernilai positif, dapat disimpulkan bahwa variabel komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel hasil belajar di SD Negeri 2 Kalianda. Kata kunci: Komunikasi interpersonal, hasil belajar, peserta didik, pendidik The problem of the research is that the learning outcomes and interpesonal skill of high grade at SD Negeri 2 Kalianda are still low. The purpose of this research was to investigate the influence of interpersonal communication of the educator on the student’s learning outcomes of SD Negeri 2 Kalianda. This research used a quantitative approach and the type of research was expost facto. The population of 255 students and a sample of 72 students. Data collection techniques usedwere observation, questionnaires, and document studies. The data collected were then analyzed using simple regression. Based on the results of the research, a decision can be made in a simple linear regression test, namely the coefficient of X is positive, it can be concluded that the interpersonal communication variable has a positive and significant effect on the learning outcome variable of students at SD Negeri 2 Kalianda. Keyword: Interpersonal communication, study result, teacher, student date: 2021 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: FENI NOVITA, 1753053019 (2021) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI 2 KALIANDA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/61851/1/ABSTRAK%20FENI%20NOVITA_PGSD_1753053019%20-%20Feni%20Novita.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61851/2/SKRIPSI%20FULL%20FENI%20NOVITA_PGSD_1753053019%20TANPA%20LAMPIRAN%20-%20Feni%20Novita.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61851/3/SKRIPSI%20FENI%20NOVITA%201753053019%20PGSD%20-%20Feni%20Novita.pdf