@misc{eprints61869, month = {Juni}, title = {EVALUASI PEMBELAJARAN TEKS DRAMA PADA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA}, author = {1513041069 M. Dawam Priyo Nuryono}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan }, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61869/}, abstract = {Instrumen penilaian berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang minim digunakan dalam pembelajaran khususnya teks drama menjadi masalah yang harus segera diselesaikan. Dengan demikian penelitan ini dibuat selaras dengan masalah tersebut, rumusan yang terdapat pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyusunan dan kelayakan instrumen tes pilihan ganda berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kompetensi dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R\&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dan wawancara. Teknik Analisis Data yang digunakan yaitu Analisis Lembar Penilaian Para Ahli dan Praktisi. Hasil penelitian ini berupa instrumen evaluasi yang berbentuk soal pilihan ganda dan esai denggan jumlah 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Instrumen evaluasi tersebut dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi dari ahli materi diperoleh rata-rata persentase 76\% dengan kriteria layak digunakan, hasil dari ahli bahasa diperoleh rata-rata persentase 88.8\% dengan kriteria layak digunakan, dan hasil dari praktisi diperoleh rata-rata persentase 73,3\% dengan kriteria layak. digunakan sehingga instrumen tes pilihan ganda berorientasi ketrampilan berpikir tingkat tinggi layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Kata kunci : Penilaian, Instrumen Tes, Teks Drama.} }