title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Kelas VIII SMP Swadhipa 1 Natar Kabupaten Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021) creator: Eko Edi Sujarwo, 1713021002 subject: 370 Pendidikan description: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pem- belajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII A – VIII D SMP Swadhipa 1 Natar Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 108 siswa yang terdistribusi dalam 4 kelas dengan kemampuan yang relatif sama. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Chi-Kuadrat, uji F, uji-t dan uji Z hitung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran NHT tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, number heads together, representasi matematis publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2021 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61935/1/ABSTRAK%20-%20Eko%20Edi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61935/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Eko%20Edi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61935/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20-%20Eko%20Edi.pdf identifier: Eko Edi Sujarwo, 1713021002 (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Kelas VIII SMP Swadhipa 1 Natar Kabupaten Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/61935/