title: HUBUNGAN REGULASI DIRI BELAJAR DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020 creator: Widayanti Ningtias, 1513052034 subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri belajar dengan motivasi berprestasi dalam belajar pada siswa kelas XI di SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas XI berjumlah 80 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi dari kedua variabel yaitu regulasi diri belajar dengan motivasi berprestasi sebesar r hitung 0,469 > 0,2199 r tabel dimana berdasarkan kriteria p < 0,05, sehingga hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri belajar dengan motivasi berprestasi dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Sumbangan efektif regulasi diri belajar terhadap motivasi berprestasi dalam belajar adalah sebesar 21,9%, sedangkan 78,1% dipengaruhi oleh variabel lain seperti variabel perencanaan karir, konsep diri, penyesuaian diri, intensitas belajar, dan lainnya. Tingkat regulasi diri belajar berada dalam kriteria cukup. Kata kunci: hubungan, regulasi diri belajar dan motivasi berprestasi dalam belajar. This study aims to determine the relationship between self-regulation learning and achievement motivation in learning in class XI students at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. The subjects of this study were students of class XI totaling 80 people. Based on the results of the data analysis obtained the correlation coefficient of both variables, namely self-regulation of learning with the motivation of achievement of r calculated 0.469 > 0.2199 r table which based on the criteria p < 0.05, So that the hypothesis proposed is accepted that there is a significant relationship between self- regulation of learning and the motivation of achievement in learning in students of grade XI at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. The effective contribution of self- regulation learning to achievement motivation in learning is 21.9%, While 78.1% were influenced by other variables such as career planning variables, self-concept, self-adjustment, learning intensity, and others. The level of self-regulation learning is within the sufficient criteria. Keywords: relationship, self-regulation learning and achievement motivation in learning. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2021 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61943/1/ABSTRAK%20SKRIPSI%20WIDAYANTI%20NINGTIAS_1513052034_BK%20-%20Widayanti%20Ningtias.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61943/2/SKRIPSI%20FULL%20WIDAYANTI%20NINGTIAS_1513052034_BK%20-%20Widayanti%20Ningtias.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61943/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20WIDAYANTI%20NINGTIAS_1513052034_BK%20-%20Widayanti%20Ningtias.pdf identifier: Widayanti Ningtias, 1513052034 (2021) HUBUNGAN REGULASI DIRI BELAJAR DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/61943/