%A 1713031001 CINDY RAHMA YANI %T PENGARUH PENDIDIKAN EKONOMI DALAM KELUARGA, LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP POLA KONSUMSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 DAN 2018 FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG %X ABSTRAK PENGARUH PENDIDIKAN EKONOMI DALAM KELUARGA, LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP POLA KONSUMSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 DAN 2018 FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG Oleh CINDY RAHMA YANI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga, latar belakang sosial ekonomi orang tua dan literasi keuangan terhadap pola konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi angatan 2017 dan 2018 Universitas Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 97 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2017 dan 2018. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara pendidikan ekonomi dalam keluarga latar belakang sosial ekonomi orang tua dan literasi keuangan terhadap pola konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 dan 2018 FKIP Universitas Lampung. Secara simultan juga terdapat pengaruh antara pendidikan ekonomi dalam keluarga, latar belakang sosial ekonomi dalam keluarga dan literasi keuangan terhadap pola konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 dan 2018. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel atau 25,183 > 3,09 dan nilai signifikansi (sig) < ? (0,05) atau 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Sosial Ekonomi, Literasi Keuangan, Pendidikan Ekonomi, Pola Konsumsi. ABSTRACT THE EFFECT OF ECONOMIC EDUCATION IN THE FAMILY, SOCIAL ECONOMIC BACKGROUND OF PARENTS, AND FINANCIAL LITERATURE ON THE CONSUMPTION PATTERNS OF ECONOMIC EDUCATION STUDENTS FOR THE 2017 AND 2018 FKIP UNIVERSITY OF LAMPUNG BY CINDY RAHMA YANI This research is aimed to determine the effect of economic education in the family, parents' socio-economic background and financial literacy on the consumption patterns of Economic Education students in the 2017 and 2018 class of Lampung University. The method used in this research is descriptive method with ex post facto approach and survey. The sample used in this research was 97 students consisting of the 2017 and 2018 class.Based on the results of the analysis, it was concluded that there was a partial influence between economic education in the family, parents' socio-economic background and financial literacy on the consumption patterns of Economic Education students class 2017 and 2018 FKIP University of Lampung.Simultaneously there is also an influence between economic education in the family, socio-economic background in the family and financial literacy on the consumption patterns of Economic Education students of 2017 and 2018 FKIP University of Lampung. This is evidenced by Fcount> Ftable or25,183 > 3,09and a significance value(sig.)