%0 Generic %A MULIA NADIN OKTARI, 1513053067 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:61964 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/61964/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 3 Talang Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada pengelolaan manajemen kelas terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan quota sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan output SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada pengaruh pengelolaan manajemen kelas terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SD Negeri 3 Talang Bandar Lampung. Kata Kunci: manajemen kelas, motivasi belajar. The problem in this study is the low learning motivation of students in class V SD Negeri 3 Talang Bandar Lampung. This study aimed to discuss how much the class management affected the students learning motivation of the fifth grade. This study used quantitative methods. This study used quota sampling. The instruments used in this study were questionnaires, observations, and documentation. Data is analyzed using a simple linear regression formula with SPSS output. The research result concluded there was a positive and significant effect of classroom management on the fifth grade students learning motivation on students learning motivation of fifth grade students at SD Negeri 3 Talang Bandar Lampung. Key words: classroom management, learning motivation.