creators_name: Nurul Istiqomah, 1513024079 creators_id: nurulistiqomah1597@gmail.com type: other datestamp: 2022-05-27 09:21:12 lastmod: 2022-05-27 09:21:12 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS DISKUSI MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP ispublished: pub subjects: 370 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas diskusi melalui aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Al-Kautsar Bandar Lampung pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu One-Group Pretest- Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung berjumlah 36 orang. Data penelitian berupa nilai pretes-postes keterampilan berpikir kritis berupa 10 soal berbentuk essay, sedangkan kuesioner tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran berisi 10 pernyataan. Nilai pretes dan postes peserta didik dianalisis dengan N-gain Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretes 46 dengan standar deviasi 8,4 dan postest 66 dengan standar deviasi 9,3. Proporsi nilai N-gain keterampilan berpikir kritis yaitu 3% kategori tinggi, 69% kategori sedang dan 28% kategori rendah. Perolehan N-gain tiap indikator keterampilan berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana 0,32; membangun keterampilan dasar 0,39; menyimpulkan 0,42; memberikan penjelasan lanjut 0,30; strategi dan taktik 0,46. Diskusi menggunakan aplikasi Google Classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori sedang, perolehan N- gain sebesar 0,37. Hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan tanggapan cukup baik secara keseluruhan. Kata kunci: Diskusi, Google Classroom, keterampilan berpikir kritis, klasifikasi makhluk hidup. date: 2021 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Nurul Istiqomah, 1513024079 (2021) EFEKTIVITAS DISKUSI MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/61991/1/ABSTRAK%20-%20NURUL%20ISTIQOMAH%20%281%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61991/2/Full%20Skripsi%20tanpa%20Lampiran%20-%20NURUL%20ISTIQOMAH.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61991/3/Full%20Skripsi%20tanpa%20pembahasan%20dan%20Lampiran%20-%20NURUL%20ISTIQOMAH.pdf