@misc{eprints62026, title = {EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN PENYANGGA PESERTA DIDIK }, author = {1613023004 Diana Aristiyarini}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/62026/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POGIL untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep larutan penyangga peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretestpostest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Efektivitas model POGIL dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata n-Gain terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, serta nilai rata-rata n-Gain penguasaan konsep kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil analisis uji pengaruh juga menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep larutan penyangga peserta didik dipengaruhi oleh model POGIL. Dapat disimpukan bahwa pembelajaran dengan model POGIL efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep larutan penyangga peserta didik. Kata kunci : model POGIL, motivasi belajar, penguasaan konsep, larutan penyangga } }