%A 1655012001 RIZKA NIDIA PILAWA %T PERANCANGAN PASAR FURNITUR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR LAMPUNG %X Peningkatan jumlah penduduk dan tingginya tingkat pembangunan perumahan di Provinsi Lampung membuat naiknya berbagai peluang bisnis terutama potensi industri furniture setempat. Perkembangan yang terjadi menimbulkan dampak pada naiknya permintaan pasar akan kebutuhan furniture. Kurangnya destinasi perbelanjaan furniture yang khusus dan terpusat menjadi penyebab kurangnya pilihan preferensi desain furniture yang disediakan untuk masyarakat. Timbulnya trend rekreasi masyarakat ke tempat perbelanjaan, khususnya pusat perbelanjaan furniture menjadi salah satu faktor pendorong tingginya peluang pasar untuk usaha toko furniture. Metode yang digunakan dalam perancangan pusat perbelanjaan furniture menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data unutk disusun, dijelaskan dan dianalisis. Pendekatan Arsitektur Lampung dipilih sebagai pendekatan perancangan dengan pertimbangan target pasar yang didominasi oleh generasi millennial dan pentingnya efisiensi pemanfaatan ruang sesuai dengan fungsi bangunannya. Hal ini sesuai dengan konteks bangunan sebagai bangunan komersial dan ciri khas Arsitektur Lampung sebagai suatu konsep dalam perancangan desain. Penerapan desain konsep Arsitektur Lampung dengan bangunan pasar furnitur yaitu dengan menerapkan ciri-ciri bangunan Lampung berupa ornamen-ornamen motif kain tapis sebagai pelengkap pada bagian fasad bangunan dan implementasi bentuk bangunan dan tatanan ruang yang sesuai dengan kosmologi rumah adat Lampung. Kata Kunci: Pusat Perbelanjaan, Furniture, Arsitektur Lampung The increasing number of residents and the high level of housing development in Lampung Province have increased various business opportunities, especially the potential of the local furniture industry. Developments that occur have an impact on increasing market demand for furniture needs. The lack of a special and centralized furniture shopping destination is the cause of the lack of choice of furniture design preferences provided to the public. The emergence of the trend of public recreation to shopping places, especially furniture shopping centers is one of the factors driving the high market opportunity for the furniture shop business. The method used in designing a furniture shopping center uses descriptive qualitative research methods by collecting data to be compiled, explained and analyzed. The Lampung Architectural Approach was chosen as a design approach with consideration of the target market which is dominated by the millennial generation and the importance of efficient use of space in accordance with the function of the building. This is in accordance with the context of the building as a commercial building and the characteristics of Lampung Architecture as a concept in the design design. The application of the Lampung Architecture concept design with the furniture market building is by applying the characteristics of the Lampung building in the form of filter cloth motif ornaments as a complement to the building facade and the implementation of building forms and spatial arrangements in accordance with the cosmology of Lampung traditional houses. Keywords: Centers Shopping, Furniture, Lampung Architecture %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I Fakultas Teknik %L eprints62052