@misc{eprints6206, month = {Desember}, title = {Pengaruh Minat Belajar, Cara Belajar, dan Kreativitas Guru dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Fitrah Insani Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014}, author = {0713031023 Eko Wahyudi Ra'is}, address = {universitas Lampung}, publisher = {fa keguruan ilmu dan pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/6206/}, abstract = {Hasil belajar merupakan cerminan tingkat keberhasilan atau pencapaian tujuan dari proses belajar yang telah dilaksanakan, dan puncaknya diakhiri dengan suatu evaluasi. Tinggi rendahnya prestasi belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor yang meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam individu siswa tersebut meliputi intelegensi, motivasi, minat, disiplin, kesehatan, cara belajar. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar individu siswa tersebut meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sosial, dan pendekatan belajar. Kenyataan di SMP Islam Terpadu Fitrah Insani Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014 masih banyak siswa yang belum mencapai hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan mengkaji beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu minat belajar, cara belajar dan kreativitas guru dalam mengajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (4) untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat belajar, cara belajar, dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Fitrah Insani Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014 dengan sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear multiple. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05, maka hasilnya sebagai berikut. 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Fitrah Insani Bandar Lampung Tahun ajaran 2013/2014. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan cara belajar terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Fitrah Insani Bandar Lampung Tahun ajaran 2013/2014. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Fitrah Insani Bandar Lampung Tahun ajaran 2013/2014. 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar, cara belajar, dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Fitrah Insani Bandar Lampung Tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: Mianat Belajar, Cara Belajar, Kreativitas Guru dalam Mengajar, Hasil Belajar.} }