%A 1613041038 RATNA WULANDARI PUTRI %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMA KELAS X %X Masalah dalam penelitian ini adalahpengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam pembelajaran menulis teks biografi berbasis discovery learning pada siswa kelas X SMA dan kelayakannya sebagai materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam pembelajaran menulis teks biografi berbasis discovery learning pada siswa kelas X SMA dan kelayakannya sebagai materi ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D). Metode ini diadopsi dari teori Borg and Gall yang memiliki sepuluh langkah. Akan tetapi, penelitian ini hanya memodifikasi metode tersebut menjadi enam langkah, observasi dan pengumpulan informasi, perencanaan (perancangan produk), pelaksanaan (pengembangan produk), uji produk (uji ahli materi dan uji praktisi/guru Bahasa Indonesia), revisi produk, dan produk akhir. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan penyebaran angket. iii Hasil penelitian ini membuat sebuah produk LKPD dalam pembelajaran menulis teks biografi berbasis discovery learning pada siswa kelas X SMA dengan menggunakan enam langkah yang peneliti gunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi (pengumpulan informasi), perencanaan produk, pengembangan produk, uji produk, revisi produk, produk akhir. Hasil uji kelayakan dari ahli materi dan praktisi didapatkan hasil skor 6,99 dengan total persentasi dari keduanya sebesar 87. 5%. Rincian hasil tersebut dijabarkan masing-masing oleh ahli materi didapatkan skor rata-rata 3,30 kategori sangat layak dengan persentase 82,5% sedangkan uji praktisi didapatkan skor rata-rata 3,69 kategori sangat layak dengan persentase 92,25%. Kata kunci :pengembangan, lkpd, discovery learning, teks biografi %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %L eprints62060