?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=ANALISIS+KEMAMPUAN+LITERASI+MATEMATIS+SISWA+PADA%0D%0AKONSEP+ALJABAR+BERDASARKAN+SOAL+TIMSS%0D%0ADI+MTs+MATHLA%E2%80%99UL+ANWAR+KEDONDONG%0D%0A(Studi+Pada+Siswa+Kelas+VIII+MTs+Mathla%E2%80%99ul+Anwar+Kedondong%0D%0A%0D%0ATahun+Pelajaran+2020%2F2021)&rft.creator=M.+ZULHIYANDI+YUSUF%2C+1613021040&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=510+Matematika&rft.description=Penelitian+ini+menggunakan+pendekatan+deskriptif+kualitatif+yang+bertujuan+untuk%0D%0Amengetahui+kemampuan+literasi+matematis+siswa+dan+jenis+kesalahan+yang%0D%0Adilakukan+siswa+MTs+Matlau%E2%80%99ul+Anwar+Kedondong+dalam+menyelesaikan+soal%0D%0Akonsep+aljabar+yang+diadaptasi+dari+TIMSS.+Subjek+penelitian+pada+penelitian+ini%0D%0Aadalah+seluruh+siswa+kelas+VIII-A+MTs+Matlau%E2%80%99ul+Anwar+Kedondong+yang%0D%0Aberjumlah+30+siswa.+Pengumpulan+data+dilakukan+dengan+tes+dan+wawancara.%0D%0ASeluruh+hasil+tes+atau+jawaban+siswa+di+analisis+terkait+kesalahan+matematika+yang%0D%0Adilakukan+siswa+berdasarkan+empat+aspek+kemampuan+literasi+matematis+siswa%0D%0Ayaitu+aspek+pengetahuan%2C+penerapan%2C+penalaran%2C+dan+komunikasi.+Kemudian%2C%0D%0Auntuk+analisis+lebih+lanjut+terkait+kesalahan+matematika+siswa%2C+maka+dipilih+2%0D%0Asiswa+dengan+skor+terendah+yang+mewakili+kesalahan+matematika+berdasarkan%0D%0Aempat+aspek+kemampuan+literasi+matematis+siswa+tersebut+untuk+di+wawancara.%0D%0A%0D%0Aiii%0D%0A%0D%0ATeknik+analisis+data+tersebut+dengan+mereduksi+data%2C+menyajikan+data%2C+dan%0D%0Apenarikan+kesimpulan.+Hasil+analisis+data+yang+telah+dikumpulkan%2C+kemampuan%0D%0Aliterasi+matematis+siswa+kelas+VIII-A+MTs+Matlau%E2%80%99ul+Anwar+Kedondong%0D%0Atermasuk+dalam+kategori+sedang+yaitu+dengan+skor+rata-rata+nilai+62%2C38+dalam%0D%0Askala+100.+Kemudian+dari+keempat+aspek+kemampuan+literasi+matematis+tersebut%2C%0D%0Asiswa+tinggi+dalam+menyelesaikan+soal+pada+aspek+pengetahuan+dan+rendah+dalam%0D%0Amenyelesaikan+soal+pada+aspek+penalaran.+Ditinjau+dari+kesalahan+matematika%0D%0Ayang+dilakukan+siswa%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+siswa+lebih+dominan+melakukan%0D%0Akesalahan+tidak+meninjau+kembali+jawaban.+Hal+tersebut+menyebabkan+prosedur%0D%0Aataupun+selesaian+dari+permasalahan+tidak+tepat+atau+salah.%0D%0AKata+kunci+%3A+Kemampuan+Literasi+Matematis%2C+Konsep+Aljabar%2C+Soal+TIMSS.%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2021&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F62096%2F1%2FABSTRAK%2520-%2520Zulhiyandi%2520Yusuf.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F62096%2F2%2Ffixx%2520DRAF_%25281613021040%2529_M.%2520ZULHIYANDI%2520YUSUF%2520-%2520Zulhiyandi%2520Yusuf.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F62096%2F3%2Ffixx%2520DRAF_%25281613021040%2529_M.%2520ZULHIYANDI%2520YUSUF%2520tanpa%2520pembahasan%2520-%2520Zulhiyandi%2520Yusuf.pdf&rft.identifier=++M.+ZULHIYANDI+YUSUF%2C+1613021040++(2021)+ANALISIS+KEMAMPUAN+LITERASI+MATEMATIS+SISWA+PADA+KONSEP+ALJABAR+BERDASARKAN+SOAL+TIMSS+DI+MTs+MATHLA%E2%80%99UL+ANWAR+KEDONDONG+(Studi+Pada+Siswa+Kelas+VIII+MTs+Mathla%E2%80%99ul+Anwar+Kedondong+Tahun+Pelajaran+2020%2F2021).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F62096%2F