creators_name: Sinta Amelina, 1713032038 creators_id: sintaamelina10@gmail.com type: other datestamp: 2022-05-30 07:31:02 lastmod: 2022-05-30 07:31:02 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKN DI SMAN 1 TERBANGGI BESAR ispublished: pub subjects: 300 subjects: 304 full_text_status: restricted abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media google classroom terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Terbanggi Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMAN 1 Terbanggi Besar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan wawancara. Teknik penghitung data menggunakan bantuan SPSS 20. Berdasarkan perhitungan analisis regresi sederhana yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh nilai thitung untuk variabel penggunaan media google classroom sebesar 11,945 dan ttable pada α 0,05 sebesar 0, 2144. Dengan demikian, thitung > ttable atau 11,945 > 0, 2144. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media google classroom terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Terbanggi Besar yang mempunyai besar pengaruh sebesar 71,1%. Kata Kunci : Penggunaan Media Google Classroom, Motivasi Belajar The purpose of this study was to determine the effect of the use of google classroom media on the learning motivation of students in PPKn at the SMAN 1 Terbanggi Besar. The method used in this research is descriptive method with a quantitative approach. The subjects in this study were student of the SMAN 1 Terbanggi Besar. The sample used in this study was 60 respondents. Data collection techniques are questionnaires and interviews. The technique of calculating data using the help of SPSS 20. Based on the calculation of the simple regression analysy used in this study, the tcount for the variable of google classroom media use was 11, 945 and a the ttable at α 0.05 was 0,2144. Thus tcount > ttable or 11,945> 0,2144. This shows that the use of google classroom media on the learning motivation of the student in PPKn at the SMAN 1 Terbanggi Besar, the percentage of the effect is 71,1% which can be categorized as good influential. But the influence of google classroom media is not the only factor influences motivation. Keywords : Google Classroom Use, Learning Motivation. date: 2021 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Sinta Amelina, 1713032038 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKN DI SMAN 1 TERBANGGI BESAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/62139/1/FILE%20ABSTRAK%20-%20Sinta%20Amelina.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/62139/2/Tanpa%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Sinta%20Amelina.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/62139/3/Tanpa%20Lampiran%20-%20Sinta%20Amelina.pdf