<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan video tutorial sebagai\r\nmedia pembelajaran tari Bedana pada masa pandemi Covid-19 dan mengetahui\r\nfaktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media video tutorial dalam\r\npembelajaran tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan\r\njenis penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori\r\nkonstruktivistik. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran seni\r\nbudaya, dan 15 siswa kelas X IPA 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan\r\nmeliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang\r\ndigunakan meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data dan menarik\r\nkesimpulan. Hasil penelitian penggunaan video tutorial di SMA N 1 Banjar\r\nAgung dilakukan selama empat kali pertemuan, terdapat dua tahap penggunaan\r\nvideo tutorial, yang pertama tahapan persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum\r\nmelakukan pembelajaran, selanjutnya tahap implementasi. Pada pelaksanaan\r\npembelajaran tidak semua siswa memperagakan gerak dengan benar seperti yang\r\nterdapat dalam video tutorial, guru kembali menjelaskan ulang ragam gerak secara\r\ndemonstrasi kepada siswa. Media video tutorial tidak efektif digunakan pada\r\npenelitian ini, media tidak selalu dilibatkan dalam setiap pertemuan. Guru tetap\r\nberperan penting dalam pembelajaran, yang membuat media pembelajaran tidak\r\nsesuai dengan fungsi yang diharapkan yaitu sebagai substitusi (pengganti) guru\r\nmengajar di dalam kelas. Selanjutnya, faktor pendukung dan penghambat yang\r\nditemukan dalam penelitian ini yaitu video tutorial mudah diakses, waktu belajar\r\nlebih fleksibel, dapat diulang-ulang, gerak pada model jelas, kualitas video yang\r\nbaik, lebih kondusif. Selanjutnya faktor penghambat penggunaan media dalam\r\npembelajaran yaitu isi video tutorial kurang interaktif, hanya memperagakan dari\r\nsatu arah, serta pergantian antar gerak tidak detail.\r\nKata kunci: Media video tutorial, Pembelajaran, dan Tari Bedana\r\nThis reseach aimed to describe the use of video tutorials as a media for learning\r\nbedana dance during the Covid-19 pandemic and to find out the supporting factors\r\nand inhibiting factors for the use of video tutorial media in the learning process.\r\nThe approach in this research was descriptive with the type of qualitative research.\r\nThe theory used in this research was constructivist theory. The data sources in\r\nthis study were teachers of arts and culture subjects, and 15 students of class X\r\nIPA 4 SMA N 1 Banjar Agung. Data collection techniques used include\r\nobservation, interviews and documentation. The data analysis technique used\r\nincludes the data reduction stage, the data presentation stage and the verification\r\nstage. The results of the study using video tutorials at SMA N 1 Banjar Agung\r\nwere carried out for four meetings, with the preparatory stages carried out by the\r\nteacher before learning. Next was the implementation stage, in the\r\nimplementation stage the teacher introduced the media, then distributed the video\r\ntutorial, after distributing the teacher asked the students to study the content of the\r\nvideo tutorial at home, and presented the variety of motion with the correct count\r\nand provides an evaluation of the motion. Video tutorials could be used as a\r\nmedia for learning the practice of Bedana dance. However, in using it must be\r\ndone with a high frequency, namely the video is often played (both inside and\r\noutside the classroom), then the teacher monitored the individual students in\r\nstudying the content of the video. And the use of video tutorials required a\r\ncomplement, namely re-explanation by the teacher. Supporting factors in learning\r\nwere easily accessible video tutorials, more flexible learning time, can be\r\nrepeated, motion on the model is clear, video quality is good, more conducive.\r\nThe inhibiting factor in learning is that the content of the video tutorial is less\r\ninteractive, only demonstrating from one direction, and the change between\r\nmovements is not detailed.\r\n\r\nKeywords: Learning, Video Tutorials, and Bedana Dance."^^ . "2021" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "1713043032"^^ . "ZENITHA NURUL JANNATY"^^ . "1713043032 ZENITHA NURUL JANNATY"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - Zenitha Nurul Jannaty.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (File PDF)"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Zenitha Nurul Jannaty.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG\r\nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #62160 \n\nPENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA \nPEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA N 1 BANJAR AGUNG \nKELAS X IPA 4 PADA MASA PANDEMI COVID-19\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "700 Seni, seni rupa, kesenian" . .