TY - THES ID - eprints62184 UR - http://digilib.unila.ac.id/62184/ A1 - ERMA WATI, 1723031006 Y1 - 2021/10/11/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis masalah, dan mengetahui kelayakan LKPD ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Borg and Gall. Uji coba terbatas dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS4 di SMA Negeri 1 Seputih Surabaya yang berjumlah 9 orang siswa dengan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil uji coba terbatas memperoleh skor rata- rata keseluruhan 3,4 dengan persentase sebesar 86. Hasil penelitian mendapatkan, 1) LKPD ekonomi berbasis masalah. 2) Hasil uji kelayakan LKPD ekonomi berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Rata-rata kemampuan berpikir kritis per indikator adalah sebagai berikut: keterampilan menganalisis pada kategori tinggi dengan rata-rata interpretasi dari subjek penelitian sebesar 44,44%, keterampilan mensintesis pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata interpretasi dari subjek penelitian sebesar 44,44%, keterampilan membuat kesimpulan pada kategori sedang rata-rata interpretasi dari subjek penelitian sebesar 44,44%, dan keterampilan membuat keputusan pada kategori tinggi dengan rata-rata interpretasi dari subjek penelitian sebesar 55,55%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD ekonomi berbasis masalah layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Kemampuan Berpikir Kritis PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 SEPUTIH SURABAYA AV - restricted EP - 1723031006 ER -