%0 Generic %A WAHYU DIDIK KURNIAWAN, 1443021008 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:62192 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Marga Tiga Tahun Pelajaran 2020/2021) %U http://digilib.unila.ac.id/62192/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Tiga semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam lima kelas. Melalui teknik purposive sampling, terpilih kelas VIII 1 sebanyak 32 siswa dan kelas VIII 2 sebanyak 32 siswa sebagai sampel penelitian. Desain yang digunakan adalah pretest - posttest control group design. Data penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh melalui tes bentuk uraian pada materi SPLDV. Dengan analsisis data Mann-Whitney U. berdasarkan hasli penelitian dan oembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran discovery tidak berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Tiga semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Pembelajaran Discovery, Pengaruh