TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints62192 UR - http://digilib.unila.ac.id/62192/ A1 - WAHYU DIDIK KURNIAWAN, 1443021008 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Tiga semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam lima kelas. Melalui teknik purposive sampling, terpilih kelas VIII 1 sebanyak 32 siswa dan kelas VIII 2 sebanyak 32 siswa sebagai sampel penelitian. Desain yang digunakan adalah pretest - posttest control group design. Data penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh melalui tes bentuk uraian pada materi SPLDV. Dengan analsisis data Mann-Whitney U. berdasarkan hasli penelitian dan oembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran discovery tidak berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Tiga semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Pembelajaran Discovery, Pengaruh PB - FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Marga Tiga Tahun Pelajaran 2020/2021) AV - restricted ER -