@misc{eprints623, month = {Januari}, title = {UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUMBEREJO KEMILING BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN 2012/2013}, author = {Halimah Kusim}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FKIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/623/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah 1) aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 2 Sumberejo Kemiling pada mata pelajaran IPS masih kurang aktif, dan 2) hasil belajar siswa masih rendah. Terbukti dari 40 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 20 siswa atau 50\%. KKM yang telah ditetapkan adalah 60. Perolehan hasil belajar siswa rendah karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS melalui pendekatan pembelajaran pakem terhadap siswa kelas IV SDN 2 Sumberejo Kemiling. 2) untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan pembelajaran pakem terhadap siswa kelas IV di SDN 2 Sumberejo Kemiling. Teknik dan alat pengumpulan data dengan cara observasi menggunakan panduan observasi dan tes menggunakan soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian: 1) Siklus I rerata belajar siswa baru 69\% yang melakukan aktivitas dengan kriteria aktif, siklus II rerata aktivitas belajar siswa mencapai 90\% dengan kriteria sangat aktif. 2) Siklus I rata-rata hasil belajar siswa 64,33 yang tidak mencapai KKM 10 siswa. Pada siklus II yang tidak mencapai KKM ada 8 siswa dengan rata-rata nilai 73,00 dan siswa yang mencapai KKM 90\% atau 32 siswa. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem} }