%A 1613032023 SAWITRI PERDANI %T PENGARUH PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMPN 2 BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan serta mendeskripsikan Pengaruh Penguasaan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kemampuan guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Di SMPN 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian Guru SMPN 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Tehnik pengumpulan data mengunakan tehnik utama yaitu angket dan tehnik penunjang yaiu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Penguasaan Kompetensi Pedagogik dengan persentase 4% termasuk dalam kategori kurang berpengaruh, 14% termasuk dalam kategori cukup berpengaruh, dan 82% termasuk kedalam kategori berpengaruh. Menyusun perangkat pembelajaran dengan persentase 2% termasuk dalam kategori kurang tercapai, 14% termasuk dalam kategori cukup tercapai dan 84 % termasuk dalam kategori tercapai, maka dapat disimpulakan adanya Pengaruh Penguasaan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kemampuan guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Di SMPN 2 Bandar Lampung. Kata Kunci: kompetensi pedagogik, perangkat pembelajaran, guru This study aims to identify and explain and describe The Effect Of Mastery Of Pedagogic Competence On The Ability Of The Teachers To Compile Learning Tools At SMPN 2 Bandar Lampung. The research method used in this research is descriptive research method with a quantitative approach with the research subjects of students of teachers at SMPN 2 Bandar Lampung. The sample in this study amounted to 58 respondents. Data collection techniques use the main techniques, namely questionnaires and supporting techniques, namely interviews and documentation. The results of this study indicate that there is a significant influence between the Mastery of Pedagogic Competence with a percentage of 4% belonging to the less influential category, 14% including the moderately influential category, and 82% including the influential category. In the development of learning tools, a percentage of 2% is included in the under- achieved category, 14 is in the sufficiently achieved category and 84% is in the achieved category, it can be concluded that there is an influence The Effect Of Mastery Of Pedagogic Competence On The Ability Of The Teachers To Compile Learning Tools at SMPN 2 Bandar Lampung. Keywords: pedagogic competence, learning tools, teacher %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan %L eprints62316