%0 Generic %9 Other %A Gintara Riyandi Yusuf, 0716031039 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:6234 %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik %T Pengidolaan Klub Sepakbola Oleh Komunitas Inter Club Indonesia Moratti Lampung (Studi Pada Komunitas Fans Klub Sepakbola ICIM Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/6234/ %X Penelitian ini membahas bentuk pengidolaan fans klub sepak bola Inter Milan. Inter Milan merupakan klub papan atas Eropa yang memiliki banyak fans di Indonesia. Penelitian ini melihat proses integrasi anggota dalam komunitas yang kemudian mendapat peneguhan lewat interaksi simbolik di komunitas Inter Club Indonesia Moratti Lampung (ICIM Lampung) Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik untuk mengetahui bentuk serta makna identitas fans Inter Milan. Penelitian ini bersifat deskriptif mengingat data yang dikumpulkan berupa penjelasan dari narasumber yang dijadikan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini melihat bagaimana identitas yang terbentuk melalui proses eksplorasi seperti keluarga, teman, dan media massa. Serta level komitmen dengan memiliki atribut, setia mendukung Inter Milan meski sedang terpuruk, hingga menjadikan Inter Milan sebagai prioritas utama mendahulukan bekerja atau kuliah. Kemudian bentuk pengidolaan mereka terbentuk melalui proses kategorisasi yakni memahami dan mengidentifikasi komunitas. Lalu dilanjutkan dengan kemunculan identitas social dengan menjalankan misi komunitas, memakai atribut komunitas, menyanyikan yel-yel, hingga memakai istilah yang digunakan komunitas. Terakhir adalah perbandingan sosial yakni membandingkan kelompoknya dengan kelompok lain. Konsep interaksionis simbolik mengenai komunitas (society), anggota (self), dan pikiran (mind) menghasilkan makna bahwa fans Inter Milan adalah kelompok fans yang loyal, memiliki rasa cinta yang tinggi, serta mempunyai rasa kebersamaan, solidaritas, dan persaudaraan sebagai sebuah komunitas. Abstract Bahasa Inggris This study discusses the form of idolizes Inter Milan football fans club. Inter Milan is a top European clubs that have a lot of fans in Indonesia. The research looked at the process of integration of members of the community who then received confirmation through symbolic interaction in community Moratti Inter Club Indonesia Lampung (ICIM Lampung). This study uses the theory of symbolic interaction to determine the identity of the form and meaning of Inter Milan fans. This is a descriptive study considering the data collected in the form of an explanation of the sources are used as informants. The technique of collecting data using interviews and observation. The results of this study to see how identities are formed through a process of exploration such as family, friends, and mass media. And the level of commitment to have attributes, loyal support despite Inter Milan being dropped, to make Inter Milan as the top priority to prioritize work or college. Then they idolizes shape formed through the categorization process to understand and identify the community. Then proceed with the emergence of social identity with a community mission, wearing a community attributes, sang chants, to use a term that is used community. The latter is a social comparison that compares the group to another group. Symbolic interactionist concept of community (society), member (self), and mind (mind) produce meaning that fans of Inter Milan is a group of loyal fans, have a high sense of love, and have a sense of togetherness, solidarity, and brotherhood as a community.