@phdthesis{eprints62343, title = {PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WONOSOBO TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {1723031020 PRASETYO WULANDARI}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/62343/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kecerdasan emosional terhadap karakter siswa; menganalisa pengaruh kecerdasan spiritual dengan karakter siswa; menganalisa pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap karakter siswa. Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan spiritual merupakan komponen penting dalam pembentukan karakter. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap karakter siswa kelas VII dengan thitung {\ensuremath{>}} ttabel atau 3,268 {\ensuremath{>}} 1,996; terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap karakter siswa dengan thitung {\ensuremath{>}} ttabel atau 3,112 {\ensuremath{>}} 1,996; dan terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap karakter siswa dengan Fhitung {\ensuremath{>}} Ftabel atau 10,139 {\ensuremath{>}} 3,14. Secara keseluruhan bahwa faktor semakin tinggi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, maka semakin baik pula karakter yang ditunjukkan oleh nilai kejujuran dan nilai religius. Kata kunci: Karakter, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual This research method was a quantitative research using correlational analysis. The data was collected by observation, interviews, questionnaires, documentation, literature study. The results showed that there was an influence of emotional intelligence on the character of class VII students with tcount {\ensuremath{>}} ttable or 3,268 {\ensuremath{>}} 1,996; there was an influence of spiritual intelligence on the character of students with tcount {\ensuremath{>}} ttable or 3,112 {\ensuremath{>}} 1,996; and there was an influence of emotional intelligence and spiritual intelligence on the character of students with Fcount {\ensuremath{>}} Ftable or 10.139 {\ensuremath{>}} 3.14. Overall, the higher the emotional intelligence and spiritual intelligence, the better the character shown by honesty and religious values. Keywords: Character, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence} }