@misc{eprints62358, month = {Nopember}, title = {ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GENDER PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021)}, author = {1653021010 SHESAR KAMIRA YUSRA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {Fakultas Matematika Ilmu Pengatahuan Alam}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/62358/}, abstract = {Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis atau mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa laki-laki dan perempuan pada soal materi aritmetika sosial yang dilakukan siswa SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Data penelitian ini merupakan data mengenai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII C SMP Negeri 19 Bandar Lampung yang berjumlah 32 siswa. Analisis data dilakukan dengan 3 tahap, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Wawancara yang dilakukan peneliti menggunakan 6 subjek sebagai perwakilan yang terdiri dari 3 subjek laki-laki dan 3 subjek perempuan dengan kriteria kemampuan akademis siswa yaitu siswa dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis subjek perempuan lebih baik dibandingkan dengan subjek laki-laki. Hal ini ditunjukkan dari persentase hasil perolehan rata-rata skor benar setiap indikator yang menunjukkan bahwa subjek perempuan memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan subjek laki-laki. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Aritmetika Sosial, Gender This research is a qualitative descriptive type which aims to analyze or determine the ability to understand mathematical concepts of male and female students on the matter of social arithmetic material conducted by students of SMP Negeri 19 Bandar Lampung. The data of this research is data about students' ability to understand mathematical concepts obtained through observation, documentation, tests, and interviews. The research subjects in this study were all students of class VII C of SMP Negeri 19 Bandar Lampung, totaling 32 students. Data analysis was carried out in 3 stages, namely reducing data, presenting data, and drawing conclusions. Data was collected by means of tests and interviews. Interviews conducted by researchers used 6 subjects as representatives consisting of 3 male subjects and 3 female subjects with the criteria of student academic ability, namely students with high, medium, and low abilities. Based on the results of this study, it was found that the ability to understand mathematical concepts of female subjects was better than male subjects. This is shown from the percentage of the average correct score for each indicator which shows that female subjects have a higher average than male subjects. Keywords: Ability to Understand Mathematical Concepts, Aritmetika Sosial, Gender} }