%A 1413053065 Martin %T PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri4 Metro Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas VSD Negeri4 Metro Utara. Jenis penelitian adalah eksperimen.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket respon peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruhpeserta didik kelas VSD Negeri 4 Metro Utara, teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, sebagai sampel yaitu 44 peserta didik. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 78, lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 66, artinya terdapat peningkatan hasil belajar tematik peserta didik. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus idenpendent sampel t-test sparated varians, diketahui bahwa thitung = 5,97>ttabel= 2,000, (dengan ? = 0,05), dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas VSD Negeri 4 Metro Utara Kata kunci:Hasil Belajar, The Power Of Two The problem in this research is the low thematic learning outcomes of grade V SD Negeri 4 Metro Utara. The purpose of this study was to determine the effect of the active learning strategy type The Power of Two on thematic learning outcomes of class V SD Negeri 4 Metro Utara. This type of research is experimental. Data collection techniques were carried out by using test techniques and student response questionnaires. The population of this study were all students of class V SD Negeri 4 Metro Utara. The sampling technique was purposive sampling technique, namely the sampling technique with certain considerations, as a sample of 44 students. The results showed that the posttest average score in the experimental class was 78, higher than the control class, which was 66, meaning that there was an increase in students' thematic learning outcomes. Based on hypothesis testing using the idenpendent sample t-test sparated variance formula, it is known that tcount = 5.97>ttable = 2,000, (with ? = 0.05), it can be concluded that there is a significant and positif effect on the use of active learning strategies of the type of The Power Of Two. on the thematic learning outcomes of grade V SD Negeri 4 Metro Utara Keywords: Learning Outcomes, The Power Of Two %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints62363