TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints62375 UR - http://digilib.unila.ac.id/62375/ A1 - Annisa Ferisca Aity, 1416031137 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi antarpribadi guru dan murid Taman Bermain pelangi pada proses pembentukan karakter anak. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini menggunakan dua jenis data, diantaranya sumber data primer seperti narasumber dan observasi; sekunder seperti berkas dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan penelitian mengenai Proses Pola Komunikasi Antar Pribadi dalam Kegiatan Belajar Mengajar Antara Guru dan Murid Pada Proses Pembentukan Karakter Anak Studi Pada TK Pelangi Bandar Lampung, pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pola komunikasi antarpribadi yang terjalin antar guru dan murid dengan menerapkan sikap keterbukaan. Proses komunikasi yang dilakukan guru pada murid sudah efektif, guru mampu memberikan komunikasi yang mudah dipahami muridnya. Penerimaan pesan pada siswa memberikan umpan balik yang positif. Bukan hanya dalam hal belajar, tetapi juga faktor kedekatan antara guru dan siswa menjadi tolok ukur dalam komunikasi interpersonal. Efektifitas Komunikasi Interpersonal yang terbentuk melalui keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan telah diterapkan guru kepada siswanya. Sehingga penyampaian dan penerimaan pesan dapat tersalurkan dengan baik. Kata kunci : Pola Komunikasi, Antar Pribadi, Karakter Anak This study aims to determine the process of interpersonal communication between teachers and students at Rainbow Playground in the process of forming children's character. The research method in this study uses a qualitative research type. The data sources of this study used two types of data, including primary data sources such as sources and observations; secondary data such as files and documentation. The data in this study researchers used interview, documentation and observation techniques. Based on research on the process of interpersonal communication patterns in teaching and learning activities between teachers and students in the process of forming the character of children studied at Pelangi Kindergarten in Bandar Lampung, it can be concluded that the pattern of interpersonal communication that exists between teachers and students applies an attitude of openness. The communication process carried out by the teacher to the students has been effective, the teacher is able to provide communication that is easily understood by the students. Receiving messages to students provides positive feedback. Not only in terms of learning, but also the closeness factor between teachers and students becomes a benchmark in interpersonal communication. Effectiveness of Interpersonal Communication which is formed through openness, empathy, supportive attitude, positive attitude, and equality has been applied by teachers to their students. So that the delivery and reception of messages can be channeled properly. Keywords: Communication Pattern, Interpersonal, Child Character PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - PROSES KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANTAR GURU DAN MURID PADA PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (studi pada Taman Bermain Pelangi Bandar Lampung) AV - restricted ER -