TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints62423 UR - http://digilib.unila.ac.id/62423/ A1 - Anggara Dwi Prakarsa, 1415013002 Y1 - 2021/// N2 - Berdasarkan data korban kecelakaan lalu lintas di kota bandar lampung selama tahun 2018 sampai tahun 2020, Jalan Yos Sudarso yang merupakan jalan dengan korban kecelakaan tertinggi ke 2 sebanyak 58 kali kejadian, yang mengakibatkan 26 korban meninggal dunia, 10 korban luka berat dan 37 korban luka ringan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dimana saja lokasi/tempat yang rawan terjadinya kecelakaan di sepanjang jalan Yos Sudarso. Penelitian ini menggunakan data rawan kecelakaan di Kota Bandar Lampung dari Polresta Bandar Lampung, pengolahan data yang dilakukan yaitu dengan plotting titik koordinat tempat kejadian kecelakaan, menghitung jarak antar kejadian kecelakaan, membuat buffering di tiap titik sebesar 50m, jika terdapat jumlah kecelakaan minimal dari dua maka dianggap rawan, kemudian diidentifikasi detail lokasi kecelakaan tersebut melalui pengamatan langsung. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah daerah rawan kecelakaan lalu lintas dijalan Yos Sudarso Kota Bandar Lampung setelah di buffering dengan radius 50 m diketahui bahwa hasil buffering terdapat dua titik yang tergolong daerah rawan kecelakaan dan empat titik daerah rawan kecelakaan berdasarkan hasil histori data Polresta Bandar Lampung dan adapun enam titik yang tidak rawan Kata kunci : rawan kecelakaan, buffering, kecelakaan pertahun, lokasi, jumlah kecelakaan. Based on data on victims of traffic accidents in the city of Bandar Lampung during 2018 to 2020, Jalan Yos Sudarso which is the road with the 2nd highest accident victims as many as 58 incidents, which resulted in 26 deaths, 10 seriously injured and 37 minor injuries. . The purpose of this study is to find out which locations/places are prone to accidents along Jalan Yos Sudarso. This study uses accident-prone data in Bandar Lampung City from the Bandar Lampung Police, data processing is carried out by plotting the coordinates of the accident scene, calculating the distance between accident events, making buffering at each point of 50m, if there is a minimum number of accidents of two then considered vulnerable, then the details of the accident location are identified through direct observation. The conclusion obtained from this study is that the area is prone to traffic accidents on Yos Sudarso Street, Bandar Lampung City, after buffering with a radius of 50 m, it is known that the results of the buffering are two points that are classified as accident-prone areas and four points of accident-prone areas based on historical data from the Bandar Lampung Police. and there are six points that are not prone to accidents. Keywords: accident prone, buffering, accidents per year, location, number of accidents. PB - FAKULTAS TEKNIK TI - KAJIAN PENENTUAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN YOS SUDARSO KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -