TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints62477 UR - http://digilib.unila.ac.id/62477/ A1 - NI NYOMAN PRIA ASNITI, 1643053010 Y1 - 2022/04/07/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Kemiling, belum maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, motivasi belajar terhadap hasil belajar dan pengaruh kemampuan komunikasi pendidik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik didik kelas V SD Negeri Gugus Kemiling, Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian metode korelasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Expostfacto. Penelitian dilaksanakan di SD Gugus Kemiling dan dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini yaitu Tingkat kemampuan komunikasi pendidik terhadap hasil belajar sebesar 51,81% dan terdapat pengaruh positif kemampuan komunikasi pendidik terhadap hasil belajar peserta didik, ditunjukkan dari uji t diperoleh thitung (1,819) > ttabel (1,661). Tingkat motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar sebesar 68, 84% dan terdapat pengaruh positif motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik, ditunjukkan dari uji t diperoleh thitung (9,94) > ttabel (1,661). Terdapat pengaruh positif kemampuan komunikasi dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik, ditunjukkan dari besarnya pengaruh kemampuan komunikasi dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik sangat besar yaitu sebesar 51%. Kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh kemampuan berkomunikasi pendidik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri. Kata Kunci: komunikasi, motivasi, hasil belajar The problem in this study is the problem in this study is that the learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri Gugus Kemiling, have not been maximized. The purpose of this study was to determine the effect of learning motivation on the learning. to determine the effect of educator communication skills and learning motivation on learning and to determine the effect of educator communication skills and learning motivation on the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri Gugus Kemiling, Bandar Lampung. This research method uses correlation method research. The type of research used is Expostfacto research which is correlational. The research was carried out at the Kemiling Gugus Elementary School and was carried out in the academic year 2021/2022. The results in this study are the level of communication skills of educators on learning outcomes of 51.81% and there is a positive influence of educator communication skills on student learning outcomes, as shown from the t test obtained tcount (1,819) > ttable (1,661). The level of students' learning motivation on learning outcomes is 68,84% and there is a positive influence on students' learning motivation on student learning outcomes, as shown from the ttest obtained tcount (8,101) > ttable (1,661). There is a positive influence of communication skills and motivation on student learning outcomes, indicated by the magnitude of the influence of communication skills and motivation on student learning outcomes is very large, namely equal to 51%. Conclusion in this reaserach is there is influence ofeducators communication and motivatian learning towards learning outcomes of students in class V elementary School. Keywords: communication, motivation, learning outcomes PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PENDIDIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI AV - restricted ER -