@misc{eprints62484, month = {April}, title = {HUBUNGAN KETERAMPILAN PENDIDIK MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT}, author = {1813053007 KARTIKA DEWI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/62484/}, abstract = {Abstrak Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat yang disebabkan oleh kurangnya keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran dalam jaringan dan minat belajar peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran dalam jaringan dan minat belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 185 orang peserta didik dan sampel berjumlah 66 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran dalam jaringan dan minat belajar dengan hasil belajar ditunjukkan dengan koefisien korelasi berada pada taraf ?Kuat?. Kata kunci: hasil belajar, keterampilan pendidik, minat. Abstract The problem in this research was the low learning outcomes of students of grade IV SD Muhammadiyah Metro Pusat caused by the lack of educator skills managing online classes and learning interest. The purpose of this study were to describe and analyze the correlation between educator skills managing online classes and learning interest with learning outcomes. The type of the research was quantitative research with ex post facto correlation method. The population were 185 students which 66 students were chosen as the sample. The technique of data collection were interviews, questionnaires, and documentation studies. Data collection instruments in the form of a questionnaire with a Likert scale has been claimed validity and reliability. The result showed that there was a positive and significant relationship between educator skills managing online classes and learning interest with learning outcomes with a correlation coefficient according to the "Strong" level. Keywords: educator skills, interest, learning outcomes. } }