%0 Generic %A DINA MARTA DENITA, 1753022003 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:62543 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH METODE FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR %U http://digilib.unila.ac.id/62543/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode flipped classroom berbantuan Google Classroom terhadap penguasaan konsep siswa pada materi suhu dan kalor. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Gunung Labuhan. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hal ini berarti bahwa penggunaan metode flipped classroom berbantuan Google Classroom berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 1,3 yang berarti bahwa metode flipped classroom berbantuan Google Classroom berpengaruh besar dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode flipped classroom berbantuan Google Classroom berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi suhu dan kalor. Kata kunci: flipped classroom, Google Classroom, penguasaan konsep, suhu dan kalor