creators_name: DINA MARTA DENITA, 1753022003 creators_id: martadenita@gmail.com type: other datestamp: 2022-06-06 02:19:55 lastmod: 2022-06-06 02:19:55 metadata_visibility: show title: PENGARUH METODE FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR ispublished: pub subjects: 507 subjects: 530 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode flipped classroom berbantuan Google Classroom terhadap penguasaan konsep siswa pada materi suhu dan kalor. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Gunung Labuhan. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hal ini berarti bahwa penggunaan metode flipped classroom berbantuan Google Classroom berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 1,3 yang berarti bahwa metode flipped classroom berbantuan Google Classroom berpengaruh besar dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode flipped classroom berbantuan Google Classroom berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi suhu dan kalor. Kata kunci: flipped classroom, Google Classroom, penguasaan konsep, suhu dan kalor date: 2022-03-31 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1753022003 citation: DINA MARTA DENITA, 1753022003 (2022) PENGARUH METODE FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/62543/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/62543/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/62543/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf