creators_name: Deddy Rizaldi Pratama Putra, 1711031092 creators_id: deddy.pratama35@gmail.com type: other datestamp: 2022-06-06 02:34:59 lastmod: 2022-06-06 02:34:59 metadata_visibility: show title: ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SAAT TERJADINYA PANDEMI COVID-19 PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS ispublished: pub subjects: 330 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan sebelum dan saat terjadinya pandemi Covid-19 pada perusahaan consumer goods. Variabel dalam penelitian ini diukur dengan empat rasio untuk kinerja keuangan yaitu rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio aktivitas, dan rasio solvabilitas. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2020, sampel penelitian sebesar 49 perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan di kuartal I pada rasio likuiditas, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio profitabilitas, rasio aktivitas, dan rasio solvabilitas. Pada kuartal II terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio aktivitas,, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio solvabilitas. Kemudian untuk kuartal I dan II terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio aktivitas,, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio solvabilitas. Kata Kunci : Covid-19, Rasio Profitabilitas, Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Rasio Solvabilitas This study aims to analyze the differences in financial performance before and during the Covid-19 pandemic in consumer goods companies. The variables in this study are measured by four ratios for financial performance, namely, by profitability ratio, liquidity ratio, activity ratio, and leverage ratio. This research was conducted on consumer goods companies listed on the Indonesian Stock Exchange in 2019-2020, the research sample was 49 companies. The method of data analysis in this study uses differential tests. The results showed that there is a significant difference in the first quarter measured by liquidity ratio, but there is no significant difference measured by profitability ratio, activity ratio, and leverage ratio. In the second quarter, there is a significant difference measured by profitability ratio, liquidity ratio, and activity ratio, but there is no significant difference measured by leverage ratio. Then for quarters I and II, there is a significant difference measured by profitability ratio, liquidity ratio, and activity ratio, but there is no significant difference measured by leverage ratio. Keywords : Covid-19, Profitability Ratio, Liquidity Ratio, Activity Ratio, Leverage Ratio date: 2021 date_type: published publisher: FAKULTAS EKONOMI place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Deddy Rizaldi Pratama Putra, 1711031092 (2021) ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SAAT TERJADINYA PANDEMI COVID-19 PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS. FAKULTAS EKONOMI , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/62559/1/ABSTRAK%20-%20Deddy%20Rizaldi%20Pratama%20Putra.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/62559/2/FULL%20SKRIPSI%20-%20Deddy%20Rizaldi%20Pratama%20Putra.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/62559/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Deddy%20Rizaldi%20Pratama%20Putra.pdf