%0 Generic %9 Other %A Ardian Mandela, 0713052016 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:6259 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T HUBUNGAN AKTIVITAS DALAM KEGIATAN ROHANI ISLAM (ROHIS) DENGAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 NATAR TAHUN AJARAN 2013-2014 %U http://digilib.unila.ac.id/6259/ %X ABSTRAK HUBUNGAN AKTIVITAS DALAM KEGIATAN ROHANI ISLAM (ROHIS) DENGAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 NATAR TAHUN AJARAN 2013-2014 Oleh ARDIAN MANDELA Masalah penelitian ini adalah kurang disiplinnya siswa di sekolah, adapun permasalahan penelitian adalah apakah terdapat hubungan antara aktivitas dalam kegiatan Rohis dengan kedisiplian siswa di sekolah? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas dalam kegiatan Rohis dengan kedisiplinan siswa di sekolah, Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah 30 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Natar yang mengikuti Rohis Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara aktivitas dalam kegiatan Rohis dengan disiplin di sekolah yang ditunjukkan oleh rhitung 0.716> rtabel 0.361 maka Ha diterima,. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan aktivitas dalam kegiatan Rohis dengan kedisiplinan siswa di sekolah. Saran (1) kepada siswa diharapkan mau mengikuti, memahami, dan lebih mengenal kegiatan Rohis ,karena banyak hal yang positif yang diperoleh siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. (2) Guru Pembimbing diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang hal positif yang diperoleh ketika siswa mengikuti rohis. Sehingga tercipta siswa yang unggul dalam bidang Intelligence Quotien, Emotional Quotient, maupun Emotional Spiritual Quotient nya. (3) kepada kepala sekolah diharapkan Kepala Sekolah diharapkan dapat membantu kemajuan kegiatan ROHIS di sekolah dengan memperbaiki fasilitas yang mendukung kegiatan – kegiatan rohis,dan dapat memberikan motivasi kepada siswa pentingnya mengikuti ROHIS. (4) kepada para peneliti, karena ada kemungkinan terdapat variabel - variabel lain seperti kegiatan pramuka , OSIS, yang diduga turut mempengaruhi Kedisiplinan Siswa, sehingga perlu ditambahkan variabel – variabel pengantara sebagai variabel tambahan dalam penelitian mengenai disiplin siswa. Kata kunci: aktivitas kegiatan rohis, kedisiplinan siswa, bimbingan dan konseling