TY - THES ID - eprints62614 UR - http://digilib.unila.ac.id/62614/ A1 - EDI PRISTIYONO, 1723011014 Y1 - 2021/// N2 - Kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis potensi dan kondisi untuk pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning, (2) menjelaskan proses pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning, (3) menganalisis tanggapan pengguna terhadap hasil pengembangan produk lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (research & development). Lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning perlu dikembangkan untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) potensi lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning ini sangat menarik untuk dikembangkan karena memberikan kesempatan peserta didik untuk belajar aktif. Kondisi untuk pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning sangat bagus untuk dikembangkan mengingat produk ini mampu melatih berpikir tingkat tinggi peserta didik. (2) hasil penelitian ini berupa produk yang tersusun secara sistematis melalui model pengembangan four-D model. (3) tanggapan pengguna terhadap hasil pengembangan produk dapat dikatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci: lembar kerja peserta didik, discovery learning, berpikir tingkat tinggi Higher order thinking skills are needed in the learning process to prepare students to face global challenges. This study aims to (1) analyze the potential and conditions for the development of discovery learning-based student worksheets, (2) explain the process of developing discovery learning-based student worksheets, (3) analyze user responses to the results of student worksheet-based product development. discovery learning. The research method used in this research is the R&D (research & development) method. Discovery learning-based student worksheets need to be developed to train students' higher-order thinking skills. Collecting research data using observation, interviews, and questionnaires. The conclusions of this study are (1) the potential of discovery learning- based student worksheets is very interesting to develop because it provides opportunities for students to learn actively. Conditions for developing student worksheets based on discovery learning are very good to develop considering that this product is able to train students' higher-order thinking. (2) the results of this study are in the form of a product that is systematically arranged through a four-D model development model. (3) user responses to the results of product development can be said to be very suitable to be used as teaching materials in learning to train students' higher-order thinking skills Keywords: student worksheets, discovery learning, higher order thinking PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - other TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA AV - restricted ER -