%A 1901061016 ROSA MARLINA %T SISTEM PENGELOLAAN PIUTANG PELANGGAN RUMAH TANGGA DAN PELANGGAN KECIL (RTPK) PADA PT PERUSAHAAN GAS NEGARA TBK AREA LAMPUNG %X Laporan akhir ini bertujuan untuk memahami bagaimana Sistem Pengelolaan Piutang Pelanggan Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil (RTPK) pada PT Perusahaan Gas Negara Tbk Area Lampung dan sebagai studi banding antara teori yang telah dipelajari dalam perkuliahan khususnya mata kuliah sistem akuntansi dengan praktik sesungguhnya di PT Perusahaan Gas Negara Tbk Area Lampung. Metode penulisan menggunakan desain penulisan kualitatif, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dengan melakukan wawancara dan studi pustaka. Sistem pengelolaan piutang pelanggan Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil (RTPK) PT Perusahaan Gas Negara Tbk Area Lampung antara lain proses pencatatan piutang menggunakan komputer batch system dengan arsip induk piutang secara periodik yaitu setiap bulan, dan pernyataan piutang menggunakan bentuk pernyataan faktur yang belum dibayar. Dalam pengelolaan tagihan yang belum dibayar, PT Perusahaan Gas Negara Tbk Area Lampung membuat kebijakan berupa program restrukturisasi atau perjanjian angsuran/cicilan tunggakan piutang. Dalam pembahasan menunjukkan PT Perusahaan Gas Negara Tbk Area Lampung sudah memiliki Sistem Pengelolaan Piutang dengan baik. Hal ini dapat dilihat adanya pemisahan fungsi dan tanggung jawab masing-masing bagian di PT Perusahaan Gas Negara Tbk Area Lampung %L eprints62630