%A 1713053113 Mulyati Agus Halsanah %T PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SD NEGERI 3 JATIMULYO %X Masalah dalam penelitian ini adalah pendampingan orang tua yang kurang sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil empiris tentang pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas tinggi SD Negeri 3 Jatimulyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kueisoner dan dokumentasi, dengan subjek penelitian peserta didik kelas tinggi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 188 peserta didik dengan sampel 67 peserta didik. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan perhitungan analisis regresi, diperoleh thitung = 2,77 > nilai ttabel = 1,669 dengan koefisien korelasi (r) 0,04 dan koefisien determinasi (r 2 ) 0,16%. Terdapat pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas tinggi SD Negeri 3 Jatimulyo bertaraf ?rendah?. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendampingan Orang Tua. The problem in this study is the lack of parental assistance which results to the low level of students? learning outcomes. The purpose of this research is to obtain empirical result about the influence of parental assistance on the mathematical learning outcomes of high-class students at SD Negeri 3 Jatimulyo. The research type used is quantitative. The research method used by the researcher is quantitative method. The data collection techniques used are questionnaires and documentation with high-class students as the subjects. The population in this study is 188 students which 67 of them are the research samples. The data analysis used is simple linear regression. Based on the calculation of regression analysis, it was found that tvalue = 2,77 > ttable = 1,669 with a correlation coefficient (r) of 0.04 and a coefficient of determination (r 2 ) of 0.16%. It can be concluded that the influence of parental assistance on the mathematical learning outcomes of high-class students at SD Negeri 3 Jatimulyo is considered to be in a "low" standard. Keywords: learning result, parental engagement. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints62644