%A 1013053101 ANDRI SUNDALA PUTRA %T PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL HYPNOTEACHING PADA KELAS IVC SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVC SD Negeri 8 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVC SD Negeri 8 Metro Timur melalui penggunaan model Hypnoteaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari;(1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Hypnoteaching pada pembelajaran tematik di kelas IVC SD Negeri 8 Metro Timur dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Persentase motivasi siswa secara klasikal pada siklus I yaitu (70,8%) kategori ?baik? pada siklus II (83,3%) kategori ?sangat baik?, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (12,5%). Sementara itu hasil belajar afektif siswa siklus I yaitu (67,6) kategori ?baik? pada siklus II (77,5) ketegori ?baik? terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (9,9). Hasil belajar kognitif siswa nilai rata-rata siklus I yaitu (71,6) dan siklus II (82) terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (10,4), sedangkan persentase secara klasikal pada siklus I adalah (75%) kategori ?tinggi? dan pada siklus II (87,5%) kategori ? sangat tinggi?, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (12,5%). Hasil belajar psikomotor siswa siklus I yaitu (65,9) pada siklus II (78,8) terjadi peningkatan sebesar (12,9), sedangkan persentase secara klasikal pada siklus I adalah (66,6%) kategori ?baik? pada siklus II (83,3%) kategori ? sangat baik?, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (16,7%). Kata kunci: motivasi, hasil belajar siswa, model Hypnoteaching. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints6269