%0 Generic %A I Kadek Andre Irawan, 1753053034 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:62723 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI %U http://digilib.unila.ac.id/62723/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Gugus Sanggar Buana, Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 101 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 51 peserta didik diambil menggunakan teknik probability sampling yaitu proporsionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri dengan koefisien korelasi sebesar 0,6264 yang termasuk dalam kategori kuat. Kata kunci: hasil belajar, kedisiplinan belajar, kemandirian belajar. The problem in this research is the low learning outcomes of fourth grade students of SDN cluster Sanggar Buana, Central Lampung. The purpose of this study was to determine the effect of discipline and learning independence on student learning outcomes. This type of research is quantitative with ex post facto research methods. The research population was 101 students and the research sample was 51 students taken using a probability sampling technique, namely proportional stratified random sampling. Data collection techniques using questionnaires and documentation. Data analysis using simple linear regression formula and multiple linear regression. The results of the study show that there is an influence of discipline and learning independence on the learning outcomes of fourth grade elementary school students with a correlation coefficient of 0,6264 which is included in the strong category. Keywords: learning discipline, learning independence, learning outcomes.