TY - THES ID - eprints6274 UR - http://digilib.unila.ac.id/6274/ A1 - Novalita, 1221031012 Y1 - 2014/12/09/ N2 - Abstrak Bahasa Indonesia ABSTRAK REAKSI PASAR PADA KANDUNGAN INFORMASI LABA KENA PAJAK PERUSAHAAN YANG MENGANDUNG PERENCANAAN PAJAK: STUDI EFISIENSI PASAR MODAL INDONESIA Oleh: NOVALITA Pelaku pasar modal memerlukan informasi untuk mengambil keputusan investasi. Informasi yang diperlukan tersebut diantaranya berupa laporan keuangan yang dipublikasikan. Jika laporan keuangan bermanfaat, maka komponen-komponen yang tersaji dalam laporan keuangan tersebut mempunyai kandungan informasi yang akan direaksi oleh para pelaku pasar. Laba merupakan salah satu faktor penting dalam menaksir kinerja dan sebagai salah satu dasar bagi investor dalam melakukan penaksiran laba di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah : menganalisis perbedaan reaksi pasar antara perusahaan yang melakukan perencanaan pajak dan perusahaan yang tidak melakukan perencanaan pajak Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari sejumlah 333 perusahaan yang terdaftar di BEI, melalui metode purposive sampling ditetapkan sebagai sampel sejumlah 186 perusahaan tahun. Melalui perhitungan indek Eckel, sampel penelitian terbagi atas 156 perusahaan tahun sebagai perusahaan yang melakukan perencanaan pajak , dan 30 perusahaan tahun sebagai perusahaan yang tidak melakukan perencanaan pajak. Data penelitian dikumpulkan dengan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan uji beda independen, setelah memenuhi beberapa syarat pengujian. Hasil penelitian menyebutkan bahwa, reaksi pasar yang dilihat pada tiga hari setelah pengumuman laba menunjukan perbedaan reaksi pasar antara perusahaan yang melakukan perencanaan pajak dengan perusahaan yang tidak melakukan perencanaan pajak dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini memberi implikasi kepada penelitian berikutnya untuk mencoba menganalisis topik serupa dengan memasukan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap reaksi pasar, baik data yang kuantitatif maupun kualitatif. Serta menelusuri penyebab kenapa ada penelitian serupa yang hipotesis teruji dan ada juga hipotesisnya tidak teruji. Kata kunci : Perencanaan Pajak dan Reaksi Pasar. Abstract Bhasa Inggris ABSTRACT MARKET REACTION ON THE CONTENT OF INFORMATION TAXABLE PROFIT COMPANY WITH A TAX PLANNING: THE CAPITAL MARKET EFFICIENCY STUDY INDONESIA by: NOVALITA Capital market participants need information to make investment decisions. The information required of them in the published financial statements. If the financial statements are useful, then the components are presented in the financial statements have information content to be reacted by market participants. Profit is one of the important factors in assessing the performance and as one of the bases for investors in assessment income in the future. The aim of this study were: to analyze the difference between the market reaction to corporate tax planning and companies that do not do tax planning This research was conducted in the Indonesia Stock Exchange (IDX). Of some 333 companies listed on the Stock Exchange, through purposive sampling method specified as a sample of 186 companies a year. Through Eckel index calculation, the study sample consists of 156 companies in a corporate tax planning, and 30 years as an enterprise company that does not do tax planning. Data were collected with documentation. The data have been analyzed by different test independent, after fulfilling some testing requirements. The study says that, the market reaction is seen in three days after the earnings announcement shows the difference between the market reaction corporate tax planning by companies that do not do tax planning with a significance level of 5%. The results of this study have implications for subsequent research to try to analyze a similar topic to include other variables that affect the market reaction, both quantitative and qualitative data. And to trace the cause why no similar study tested the hypothesis and there is also untested hypothesis Keywords: Tax Planning and Market Reaction. PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - REAKSI PASAR PADA KANDUNGAN INFORMASI LABA KENA PAJAK PERUSAHAAN YANG MENGANDUNG PERENCANAAN PAJAK: STUDI EFISIENSI PASAR MODAL INDONESIA AV - restricted ER -