title: PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN METODE MULTI-STAGE DISCUSSION BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS creator: Titis Lisani Walqolbu, 1813022009 subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran flipped classroom dengan metode multi-stage discussion berbantuan WhatsApp terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran harmonis. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen bentuk non-equivalent control group design dengan teknik pengambilan sampel secara purposive. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 1 Serang dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 72 orang siswa pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan nilai pretest dan posttest hasil belajar siswa. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dilihat dari nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,002. Setelah diterapkan pembelajaran, hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan pada kategori sedang dengan rata-rata N-gain sebesar 0,33 dan rata-rata N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,27 pada kategori rendah, dan ditemukan peningkatan pada masing-masing indikator hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kata Kunci: Hasil Belajar, Flipped Classroom, Multi-stage Discussion, WhatsApp publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan date: 2022-06-07 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/62743/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/62743/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/62743/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Titis Lisani Walqolbu, 1813022009 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN METODE MULTI-STAGE DISCUSSION BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/62743/