creators_name: Yulianto, ITA YULIASARI type: other datestamp: 2014-02-03 04:02:53 lastmod: 2014-02-03 04:02:53 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IVA SD NEGERI 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai mid semester sebesar 55 pada mata pelajaran PKn Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal tersebut diketahui dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IVA SD Negeri 2 Metro Utara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model cooperative learning tipe team assisted individualization (TAI) dan media grafis. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dimana setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe TAI dan media grafis kelas IVA SD Negeri 2 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (57,75), pada siklus II (69,38) meningkat sebesar 11,63 dan pada siklus III (82,37) meningkat sebesar 12,99. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (63,20), pada siklus II (67,60) meningkat sebesar 4,40 dan pada siklus III (80,60) meningkat sebesar 13,00. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I (52,00%), pada siklus II (68,00%) meningkat sebesar 16,00% dan pada siklus III (92,00%) meningkat sebesar 24,00%. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model cooperative learning, team assisted individualization (TAI), media grafis, PKn. date: 2014-01-22 date_type: published publisher: FKIP place_of_pub: Universitas Lampung related_url_type: pub citation: Yulianto, ITA YULIASARI (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IVA SD NEGERI 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/628/1/Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/628/2/Bab%201.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/628/3/Bab%202.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/628/4/Bab%203.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/628/5/Bab%204.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/628/6/Bab%205.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/628/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/628/8/LAMPIRAN.zip