@misc{eprints62962, month = {Mei}, title = {KAJIAN PENERIMAAN KONSUMEN (SENSORI) DAN ANALISIS BIAYA PADA HAND SANITIZER EKSTRAK DAUN MINT}, author = {1814231009 ADELIA OKTARIANI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS PERTANIAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/62962/}, abstract = {Hand sanitizer merupakan salah satu produk antiseptik berupa gel atau cair yang sering digunakan masyarakat sebagai media pencuci tangan yang praktis. Daun mint merupakan salah satu tanaman yang mengandung tanin serta flavonoid yang dapat digunakan sebagai antibakteri alami pada pembuatan hand sanitizer karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerimaan konsumen (sensori) terhadap produk hand sanitizer ekstrak daun mint yang paling disukai serta menganalisis biaya pada produk hand sanitizer ekstrak daun mint. Percobaan menggunakan faktor tunggal dalam Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan lima kali ulangan. Penelitian ini terdiri dari proses pembuatan ekstrak daun mint dan hand sanitizer ekstrak daun mint, uji sensori, dan analisis biaya. Data dianalisis menggunakan ANOVA dan Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata 5\%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hand sanitizer ekstrak daun mint yang paling disukai oleh panelis adalah pada perlakuan P3 dengan konsentrasi ekstrak 7,5\%, pendapatan sebesar Rp. 13.627.900,00, break even point produk pada hand sanitizer ekstrak daun mint sebesar 98 pcs, dan break even point harga penjualan sebesar Rp 14.011,56/pcs, R/C rasio 10,32 dan nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan daun mint menjadi hand sanitizer ekstrak daun mint adalah Rp. 1.555.900,00/kg dengan rasio nilai tambah sebesar 51,55\%. Kata kunci: penerimaan konsumen, hand sanitizer, ekstrak daun mint, biaya, nilai tambah, Hayami} }