title: PENGARUH MINAT BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMPN 20 BANDAR LAMPUNG creator: Hoirot, Sumaryani subject: 330 Ekonomi subject: 370 Pendidikan description: ABSTRAK PENGARUH MINAT BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMPN 20 BANDAR LAMPUNG Oleh Sumaryani Hoirot Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, disiplin belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 20 Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 20 Bandarlampung dengan jumlah 181 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan melalui uji t dan secara simultan dilakukan dengan melalui uji F. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh baik secara parsial atau simultan antara minat belajar, disiplin belajar, dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 20 Bandarlampung berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh Fhitung = 36,494 dan Ftabel = 2,68 yang berarti bahwa Fhitung>Ftabel dengan kadar determinasi sebesar 0,306% atau 30,6% sisanya sebesar 69,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Minat Belajar, disiplin belajar, pemanfaatan sumber belajar dan hasil belajar The research aimed to determine the influence of learning intention, study discipline,utilization of learning resources on the integrated social science of student grade VIII in Junior High School State 20 Bandarlampung with the number of 181 students. The sampling technique was probability sampling with simple random sampling. The hypothesis were conducted throught t test and F test. The research result showed that there was learning intention, study discipline, utilization on integrated social science learning outcome of students grade VIII in Junior High School State 20 Bandarlampung. According to the hypothesis testing obtained that the Fcount of 36,494 and Ftabel 2,68 which indicted that Fcount>Ftable with the determinant rate of 0,306% or 30,6 percent influenced by the variables in the research, while the rest was not extamined in the research. Key word : learning interest, learning dicipline, utilization of learning resources, learning outcome publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-05-30 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/62986/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/62986/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/62986/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Hoirot, Sumaryani (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMPN 20 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/62986/