title: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 1 PALAPA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 creator: Nawardi BZ, MEIRISTY TIA NAGA subject: LB1501 Primary Education description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai mid semester sebesar 60 pada mata pelajaran IPS tahun pelajaran 2012/2013. Hal tersebut diketahui dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VA SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model cooperative learning tipe rotating trio exchange. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan tes, menggunakan lembar panduan observasi aktivitas siswa dan kinerja guru yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif serta soal-soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe rotating trio exchange dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas pada siklus I (52,08), pada siklus II (66,65) peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 14,57, sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus III sebesar (84,67) peningkatan dari siklus II dan siklus III sebesar 18,02. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (60,95), pada siklus II (70,23) peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I dan II sebesar 9,28, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III sebesar (80,71) dan peningkatan dari siklus II dan III sebesar 10,48. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I (33,33%), pada siklus II (61,90%), dan pada siklus III sebesar (90,47%) Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar siswa, cooperative learning, rotating trio exchange, IPS. publisher: FKIP date: 2014-01-22 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/630/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/630/2/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/630/3/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/630/4/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/630/5/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/630/6/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/630/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/630/8/LAMPIRAN.zip identifier: Nawardi BZ, MEIRISTY TIA NAGA (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 1 PALAPA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/630/