%0 Generic %A HELPY ROSANTY, 1713021003 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:63023 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 02 Bengkulu Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022) %U http://digilib.unila.ac.id/63023/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran daring. Populasi pada penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Bengkulu Selatan semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi dalam lima kelas yaitu kelas VIII-A sampai kelas VIII-E. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa kelas VIII-B sebagai sampel. Desain penelitian menggunakan penelitian kausal komparatif. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu skor literasi digital siswa yang diperoleh melalui kegiatan pengisian angket literasi digital dan skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diperoleh melalui kegiatan tes kemampuan pemecahan masalah pada materi persamaan garis lurus. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji signifikansi. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y = −20,63 + 0,773